Home » , , , , , » Badan Pegal Saat Bangun Tidur?

Badan Pegal Saat Bangun Tidur?

Written By Djogan Kedai Pramuka on Monday, May 6, 2013 | 10:40 AM


Badan Pegal Saat Bangun Tidur

“Hoamz.. Uda pagi ya? Aduh, badanku kok pegal-pegal ya?”. Mungkin ini yang terkadang sobat rasakan atau mungkin beberapa hari belakangan ini? Jika iya, kali ini saya akan mencoba menjelaskan alasan mengapa bisa sampai pegal-pegal saat bangun pagi.

Badan pegal saat bangun tidur erat kaitanya dengan kualitas istirahat atau tidur kita, juga bisa dikarenakan lingkungan tempat tinggal kita dan pola hidup kita seperti cara kerja, pola pikir, dan secara fisik memang benar,badan pegal saat bangun tidur juga dikarenakan posisi tidur kita sendiri.
1. Sobat melewatkan olahraga
Sobat, olahraga tidak hanya membakar kalori saja, tetapi juga membakar energi. Jika tubuh terlalu banyak menyimpan energi, maka Sobat tidak dapat tidur dengan nyenyak di malam hari dan kadang akan terbangun karena gelisah.

Tetaplah pada rutinitas olahraga yang teratur, berolahraga setidaknya tiga atau empat kali seminggu dapat meningkatkan kualitas tidur dan Sobat dapat bangun dengan bugar di pagi hari.

2. Sobat terlalu asik dengan sosial media hingga tidur larut malam
Berselancar di dunia maya dan berkomunikasi dengan teman melalui twitter atau facebook dapat membuat Sobat tidak menyadari bahwa waktu cepat sekali berlalu dan tanpa sadar telah terlalu larut untuk pergi tidur.

Kurangnya tidur di malam hari tentu akan membuat Sobat merasa kelelahan ketika bangun tidur di pagi hari. Selain sosial media, tidur juga akan terhambat oleh faktor lain seperti lampu dari ponsel, komputer, dan TV yang merangsang otak tetap terjaga lebih lama. 

Matikan semua alat elektronik dan gadget setidaknya satu jam sebelum tidur dan sebagai gantinya dapat dilakukan dengan membaca buku atau melakukan beberapa peregangan sampai Sobat mengantuk dan tertidur.

3. Sobat makan makanan yang terlau pedas untuk makan malam
Makan makanan yang terlalu pedas dapat menyebabkan rasa yang tidak nyaman pada perut ketika Sobat mencoba berbaring setelah makan malam. Sobat tidak akan bisa tidur atau tidur dengan bersendawa atau akan merasa kerongkongan terbakar.

Bila Sobat tidak bisa tidur dan beberapa kali terbangun di tengah malam, Sobat akan terbangun dengan perasaan lelah. Untuk memperbaiki masalah ini hindari makanan pedas, buah jeruk, saus tomat, dan makanan lain yang menyebabkan gangguan pencernaan.

4. Sobat minum terlalu banyak kafein
Selain membuat Sobat terjaga sepanjang malam, kafein juga dapat menyebabkan mulas. Berhenti minum minuman berkafein sejak siang hari atau lebih awal jika hal tersebut yang membuat Sobat kesulitan untuk tidur di malam hari.

5. Sobat minum minuman berlakohol tepat sebelum tidur
Minum alkohol terlalu dekat dengan waktu tidur dapat membuat Sobat terbangun di tengah malam untuk buang air kecil. Selain itu alkohol juga mengganggu pola tidur tubuh Sobat dan menyebabkan kondisi terlalu lelah untuk bangun di pagi hari.

6. Sobat lupa untuk mematikan dering handphone
Tidak ada yang salah dengan menjaga handphone tetap menyala di samping tempat tidur agar Sobat terbangun oleh alarm ketika pagi, tetapi jika Sobat tidak mematikan dering handphone, mungkin tidur Sobat akan terganggu dengan notifikasi email dan sosial media lainnya.

Setiap suara yang bisa berpotensi membangunkan Sobat dari tidur harus dimatikan sebelum tidur agar Sobat dapat tidur dengan nyenyak.

7. Sobat selalu kepikiran akan masalah-masalah tertentu
Terlalu memikirkan suatu hal entah itu urusan kantor, urusan percintaan atau masalah keluarga sekalipun kadang membuat seseorang tidak bisa tidur dengan mudah. Sobat dapat menuliskan semua keluh kesah yang memenuhi pikiran Sobat ke dalam sebuah buku catatan atau diary.

Nah, sekarang Sobat sudah tau kan seluk beluk dibalik Badan pegal saat bangun tidur? Gaya hidup kita sendiri lah yang menyebabkan badan pegal saat bangun tidur, jadi bukan karena ditinih barang ghoib ya.. hihihihi.. ^_^

Share this article :

Post a Comment