Home » , , , , » Hal – hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai diet

Hal – hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai diet

Written By Unknown on Friday, May 3, 2013 | 3:32 PM


“Waduh, berat badan naik nih”. Mungkin itu ekspresi yang sering Sobat temui atau bahkan Sobat sendiri yang merasakan.  Berat badan yang ideal adalah dambaan setiap orang. Namun banyak orang yang salah mengira bahwa diet itu adalah mengurangi porsi makanan, bahkan tidak makan.  Uhm, diet itu bukan berarti menyiksa tubuh sendiri lho Sobat.. ^_^

Diet tak seharusnya membuat tubuh kelaparan. Asupan nutrisi harus dijaga untuk mebuat tubuh tetap bugar. Sayangnya, tak semua orang mengetahui kebutuhan nutrisi tubuhnya. Sobat semua mesti tau ini. Biar gak asal diet aja. Pengennya diet, eh malah sakit. Jangan sampai ya Sobat. ^_^

Setiap orang memiliki kebutuhan asupan nutrisi yang berbeda. Kebutuhan asupan nutrisi akan menentukan bagaimana cara menjalani diet. Asupan nutrisi menjadi bahan evalusi apakah tubuh mendapatkan asupan yang cukup.

Perhatikan baik-baik nih, Sobat. Beberapa hal yang perlu Sobat pehatikan sebelum manjalankan diet, antara lain :
  •  Diet harus memenuhi kebutuhan kalori
Kebutuhan kalori dipengaruhi banyak faktor seperti  tujuan diet, komposisi tubuh, usia, tingkat aktivitas, dan jenis kelamin. Apabila tujuan diet adalah untuk menutunkan berat badan maka tubuh tidak membutuhkan terlalu banyak asupak kalori.
Kalori yang berlebih akan menjadi lemak dan justru akan menaikkan berat badan.  Sedangkan jika ingin menikkan berat badan maka asupan kalori harus ditingkatkan.


  •  Kebuthan makronutrien tercukupi.
Makonutrien adalah zat yang dibutuhkan dalam jumlah besar, yaitu protein, karbohidrat, dan lemak. Jumlah asupan untuk tiap orang tertentu berbeda. Apapun tujuan diet, kebutuhan makronutrien harus tercukupi. Bila makronutrien kurang, diet tidak akan memberikan hasil maksimal. Makronutrien juga berperan dalam membantu pertumbuhan, meningkatkan metabolisme tubuh, dan mengatur fungsi tubuh.
  •   Dilarang melewatkan mikronitrien
Mikronutrien terdiri dari vitamin dan mineral yang tidak dapat diproduksi tubuh . zat ini bisa didapatkan dari sayur dan buah segar. Mikronutrien diperlukan tubuh dalam jumlah kecil. Biasanya kurang dari 100 mikrogram per hari.
Mikronutrien memiliki peran yang tak kalah penting dibanding makronutrien. Kekurangan mikroprotein yang bisa menjadi ancaman serius. Kekurangan vitamin C menyebabkan penyakit lebih mudah masuk. Kekurangan mineral penting seperti Zinc dan Zat Besi menyebabkan Anemia dan mudah lelah.
  •  Kosisten
Diet yang tidak konsisten akan sia-sia. Karena itu sebelum berdiet sebaiknya dipikirkan, apakah metode diet sesuai dengan kebutuhan nutrisi. Jangan sampai diet berujung penyiksaan pada diri sendiri.


Nah, sekarang sobat sudah tau kan hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum memulai diet? So, jangan ragu lagi untuk diet. Dengan catatan, harus sehat ya.. ^_^
Salam hangat, Sobat semua.. 

Share this article :

Post a Comment